Smartphone Harga Murah yang Cocok untuk Gaming

Smartphone Harga Murah yang Cocok untuk Gaming

Advan, vendor merek lokal yang sebelumnya rajin menghadirkan tablet di pasar, menawarkan phablet 5 inch, Advan S5H.

Desain dan Layar

Sekilas saja, langsung terlihat bahwa desainnya mirip lansiran vendor Korea. Warna putih dari depan hingga belakang, serta material plastiknya, membuatnya mirip Galaxy S3. Desain rapi dan bagus ini makin lengkap dengan tombol yang ergonomis. Layarnya berjenis IPS yang tajam, dengan respon yang bagus, termasuk multitouch. Berkat ukuran yang cukup besar dan jarak antar huruf yang lega, keypad virtual juga terasa gesit saat diajak mengetik cukup cepat, tanpa harus tergelincir ke huruf sekitarnya.

Antarmuka dan Aplikasi

Berbekal OS Jelly Bean standar, memang tak ada perubahan dari antarmukanya. Tapi, Advan berhasil mengemasnya dengan rapi. Homescreen terdiri dari lima halaman, dan salah satunya sudah berisi pintasan penting. Ada pula BBM Android yang terlihat ditonjolkan sebagai aplikasi jagoannya. Masuk ke menu utama, beragam ikon terpampang rapi dengan jarak yang lega. Selain aplikasi Google, ada Advan Store, sebuah portal berisi aplikasi dan game pilihan Advan. Yang menarik, aplikasi dan game tidak gratis dan dibanderol dalam kurs rupiah. Tentu saja bisa dibayar dengan cara potong pulsa. Cara ini tentu lebih mudah dan praktis daripada membeli langsung di Google Play.

Baca Juga : Harga iPhone 2019

Musik

Audio player sebenarnya standar saja, bawaan Jelly Bean. Tapi, dengan tambahan enam Skin pilihan yang bisa diganti-ganti, tampilan terkesan lebih enak dilihat. Seperti biasa, ada equaliser bawaan yang lengkap, dengan sebelas pilihan genre siap pakai. Lewat speaker mononya, suara tampil bagus , dengan nada tinggi jernih. Namun suaranya memang kurang keras meski volume sudah maksimal. Lewat earphone bawaan, suara terdengar lebih bagus dengan efek stereo yang kuat. Sayangnya, nada bass yang bulat dan bertenaga tak kunjung terdengar, meski Bass Boost telah diaktifkan. Baru setelah dipakai headset lain yang lebih baik, nada bass mantap bisa dinikmati. Radio FM tampil bagus dengan gaya radio jadul. Sensitivitasnya bagus, dengan tertangkapnya 44 stasiun radio di kantor kami. Pemilihan stasiun juga ?eksibel, bisa lewat tombol maju mundur atau menggeser jika ingin lebih cepat. Siaran radio bisa direkam ke dalam memori secara maksimal.

Kamera

Kamera utamanya 8 MP plus ?ash, dan kamera depan 2 MP. Fitur kameranya terbilang lengkap. Yang unik, menu kamera hanya bisa diakses dari titik fokus. Ini memudahkan saat sedang membidik fokus di bagian mana saja, lalu ingin mengubah setting. Hasil foto di luar ruang cukup bagus, meskipun tak istimewa. Foto tampil cukup tajam dengan warna matang, meski saat dilihat dalam ukuran sebenarnya (100 persen), kecerahannya terlihat berlebih. Foto jarak dekat juga bagus, dengan autofocus cepat dan akurat. Foto indoor sedikit merosot kualitas ketajamannya. Noise bermunculan meski tampak minim. Akibatnya, detil foto terlihat kurang jelas, karena tampilan foto seperti lukisan cat air di beberapa bagian. Rekaman video juga terlihat tajam dan berjalan mulus, tanpa gejala lag. Di luar ruang warna cenderung gelap tapi masih bisa diperbaiki dengan setting. Di dalam ruang, lampu kilat bisa dinyalakan sebagai lampu video.

Kinerja

Prosesor quad core terlihat mampu menampilkan kinerja gesit, baik aplikasi dan game, juga multitasking. Namun RAM 512MB cukup membatasi kinerja, saat game yang dibuka bersamaan, sudah makin banyak. Saat dicoba dengan koneksi WiFi, browser bisa membuka belasan Tab sekaligus dengan lancar. Skor uji benchmarknya tinggi: