Beberapa Hewan Laut yang Sudah Punah

Hewan laut yang sudah punah – Ancaman kepunahan pada hewan laut tidak saja terjadi untuk spesies yang hidup di daratan, akan tetapi juga terjadi pada spesies yang hidup maupun yang tergantung hidupnya pada lautan, para peneliti menyebutkan bahwa dalam 500 tahun terakhir telah terjadinya kepunhan terhadap satwa yang berasosiasi dengan ekosistem laut.

Para peneliti  mengindikasikan bahwa berbagai spesies hewan laut semakin terancam dalam laju yang meningkat sejalan deng keindustraliasi dan revolusi industri sejak abad ke -19. Berikut adalah daftar beberapa sepsies laut yang telah punah dalam waktu 500 tahun terakhir yang dikumpulkan oleh pemerintah.

  1. Sapi laut atau (Steller)
  2. Cerpelai laut (Neovision Macroddon)
  3. Bebek Labrador
  4. New Zealand graylingg
  5. Anjing Laut Karibiia

Kepunahan ini diperkirakan terjadinya bertambah cepat dikarenakan berbagai jenis faktor, seperti banyaknya bahan pangan manusia yang di ambil dari dasar lautan, eksploitasi laut untuk berbagai keperluan bahan bakar, energi dan juga mineral, pencemaran laut dan semakin meningkatnya transportasi di samudera.

Hewan Laut yang Sudah Punah

 

Berdasarkan sumber: masjawa.com. Berikut adalah jenis dan penjelasan dari hewan laut yang sudah punah:

Sapi laut (Steller)

Steller atau Sapi laut adalah mamalia yang berukuran besar, yang kehadiran nya telah punah. Spesies ini sebelumnya dapat di temukan di pantai laut daerah Bering.

Satwa ini diidentifikasikan oleh seorang bernama Georg Steller dan pada saat ditemukan hanya tersisa sekitar 1400 spesies saja. Hanya dalam waktu 27tahun setelah hewan ini “ditemukan” satwa ini telah dinyatakan sudah Punah.

Cerpelai Laut (Neovision Macroddon)

Cerpelai Laut atau bahasa latin nya Neovision Macrodon adalah mamalia yang dapat dijumpai di pesisir timur Amerika Utara. Jenis ini telah punah dikarenakan di buru untuk memenuhi pemrmintaan pasar bulu di Eropa secara Ramai-ramaian, meskipun sebelumnya penduduk asli Amerika juga memburu satwa ini untuk daging dan bulunya. Satwa jenis Cerpelai laut ini telah dinyatakan punah pada akhir abad ke – 19

Bebek Labrador

Populasi dari hewan yang sudah punah ini tidak pernah berlimpah, Namun pada kemungkinannya perburuan dan pengambilan terhadap telur dari Bebek Labrador ini di akhir dekade abad ke – 19.

Namun demikian para peneliti Belum menemukan tentang penyebab utama kepunahan dari spesies bebek labrador ini , beberapa para ahli menyebutkan menyempitnya akan habitat karena meningkatnya populasi manusia di pesisir timur Amerika Utara dan pada masalahnya berkurangnya sejenis kerang-kerangan yang menjadi sumber pencarian makan utama bebek labrador ini.

New Zealand Grayling

Ikan New Zealand Grayling atau ( Prototroctes Oxyrhynchus) adalah satu-satunya jenis ikan laut yang sudah diketahui punah pada 500tahun terakhir. Spesies ikan ini bertelur di sungai, tetapi tumbuh biak dan hidup di lautan lepas di Selandia baru.

Pemanenan yang berlebihan akibat manusia terhadap ikan invasif dan deforestasi Diperkirkan adalah penyebab kepunahan dari ikan ini.

Anjing Laut Karibiia

Jenis Anjing laut yang satu ini bernama Anjing laut karibia atau dengan bahasa latinnya Carribean Monk Seal yang sudah dinyatakan punah oleh IUCN Red list pada tahun 2007, meski pada tahun 1950-an sudah tidak di temukan jenih anjing laut ini.

Anjing laut ini punah di karenakan ulah manusia yang memburunya, meski faktor berkurangnya makanan akibat industrialisasi penangkapan pada ikan mungkin juga menjadi salah satu penyebab utama satwa ini kehilangan sumber utama nya.