Bagaimana Sih Cara Membuat Invoice Online? Cek Disini!

Bagaimana Sih Cara Membuat Invoice Online? Cek Disini!

Sebelum Anda mengetahui cara membuat invoice secara online, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana tips menulis invoice agar Anda bisa mendapatkan pembayaran dengan cepat. Berikut penjelasannya.

Tips Membuat Invoice

Berikut ini merupakan beberapa tips mengenai cara Membuat Invoice agar Anda bisa mendapatkan pembayaran dengan cepat, antara lain:

• Invoice pembayaran harus mudah di pahami
Agar pelanggan lebih mudah dalam melakukan pengamatan barang apa saja yang telah dipesan, maka tulislah daftar barang secara lengkap mulai dari nama, ukuran, jenis, bahan dan lain-lain. Dengan begitu, mereka akan selalu mengingat dan segera melunasi tagihannya. Lebih baik lagi jika Anda juga menyertakan logo perusahaan pada invoice.

• Jangka Waktu Invoice
Janganlah menulis jangka waktu invoice tagihan seperti yang Anda inginkan, misalnya jika Anda ingin pelanggan membayar invoice dalam kurun waktu tiga puluh hari, maka jangan membuat invoice penagihan yang jatuh temponya juga dalam waktu tiga puluh hari. Tulis saja pada invoice dua puluh hari.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kemungkinan pelanggan membayar dengan terlambat. Karena jika pelanggan membayar invoice lebih dari tiga puluh hari tentu juga akan merugikan Anda. Tidak hanya arus kas yang terhambat, namun dana operasional pun juga juga terhambat.

• Metode Pembayaran yang Fleksibel
Pilihan metode pembayaran yang Anda tawarkan kepada pelanggan akan mempengaruhi lama atau tidaknya pelanggan dalam melunasi tagihan invoicenya. Semakin terbatas metode pembayaran yang Anda tawarkan kepada pelanggan, kemungkinan akan semakin sulit bagi para pelanggan untuk melunasinya.

Sehingga pelanggan bisa jadi akan menunda-nunda waktu pembayaran yang seharusnya ditepati. Lain halnya jika Anda menyediakan banyak pilihan untuk metode pembayaran yang bisa dilakukan dan bersifat fleksibel. Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun sewaktu-waktu.

• Mengirimkan Invoice pada Orang yang Tepat
Jangan sampai Anda salah orang ketika sedang memberikan tagihan. Misalnya, ternyata dia bukan orang yang bertanggung jawab dalam mengurusi masalah pembayaran. Akibatnya, invoice Anda tidak akan segera diproses. Sehingga, pastikan Anda memberikannya pada bagian akuntan atau orang lain yang memang bertanggung jawab untuk hal tersebut. Memberikan invoice kepada banyak orang juga kurang efektif.

• Tidak Perlu Menunggu
Jika Anda sudah mengirimkan barang sesuai dengan pesanan pelanggan misalnya pada hari Senin. Maka, jangan menunggu sampai hari Kamis untuk mengirim invoice penagihan. Jika perlu, kirimkan hari Senin saat itu juga. Terutama jika pelanggan Anda tersebut tipe yang suka telat melakukan pembayaran.

• Ingatkan Kembali Pelanggan
Jika sampai jatuh tempo pelanggan belum melunasi tagihannya, segera hubungi pelanggan untuk membayarnya. Fungsi invoice adalah untuk membantu Anda dalam mendapatkan pemasukan yang sudah menjadi hak Anda. Jadi, menulis invoice dengan cara seefektif mungkin harus Anda lakukan.

Untuk mengetahui cara Membuat Invoice secara online, setiap aplikasi menyediakan fitur yang berbeda-beda. Caranya mudah yaitu tinggal mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh masing-masing aplikasi. Kemudian Anda tinggal mengisikan data-data yang ingin Anda tulis dengan berbagai template yang disediakan. Salah satu kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan di paper.id.